Design Pattern : Adapter

  • Definisi Design Pattern

    Design Pattern adalah sebuah istilah (English) dalam Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) yang mengacu kepada solusi umum yang dapat digunakan secara berulang kali untuk menyelesaikan masalah-masalah umum yang ditemukan dalam disain perangkat lunak. Sebuah design pattern tidak berbentuk solusi akhir yang dapat langsung diterjemahkan menjadi kode program.

    Design pattern merupakan penjelasan atau template yang menunjukkan bagaimana cara menyelesaikan sebuah masalah yang kemudian dapat digunakan di berbagai situasi yang berbeda-beda. Design pattern untuk object-oriented biasanya menunjukkan relasi dan interaksi antar kelas dan objek, tanpa menjelaskan kelas dan objek akhir yang terlibat dalam sebuah aplikasi. Algoritma biasanya tidak disebut sebagai design pattern, karena algoritma akan menjadi solusi masalah komputasi dan bukan masalah disain.
  • Gambar Diagram State Design Pattern
    Mengkonvert interface class menjadi interface class lain sesuai keinginan pengguna. Adapter    memungkinan beberapa class bekerja bersama dan menggabungkannya menjadi interface baru


  • Contoh Sederhana/Implementasi



  • Output Implementasi

  • Contoh Penggunaan Software-IndustriBiasa digunakan pada Media Player



Tidak ada komentar:

Posting Komentar